Sejarah

Kehadiran Akademi Keuangan dan Perbankan Tahuna hadir untuk menjawab kerinduan masyarakat Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Talaud yang pada waktu itu belum memiliki Perguruan Tinggi. Oleh karenanya maka dalam Sidang Sinode Lengkap (SSL ke XIX) di Tagulandang pada tanggal 23 – 31 Oktober 1991 di putuskan bahwa demi kepentingan pengembangan pendidikan khususnya pendidikan tinggi di daerah Nusa Utara maka GMIST perlu menjajaki kemungkinan berdirinya satu perguruan tinggi.

Menindaklanjuti hasil SSL di Tagulandang tersebut maka Yayasan Pendidikan Kristen GMIST periode 1991 – 1996 menunjuk Drs. C. H. Karendesang sebagai koordinator urusan Perguruan Tinggi Kristen GMIST dengan Ketua Yayasan Pdt. V. W. Tamaka, S.Th untuk merealisasikan hasil SSL ke-XIX tentang perguruan tinggi. Dengan melalui berbagai proses dan tahapan, maka pada tanggal 1 November 1997 Gereja Masehi Injili Sangihe Talaud (GMIST) melalui Yayasan Perguruan Tinggi Kristen (YPTK) GMIST telah menjawab kerinduan itu dengan mendirikan Perguruan Tinggi dengan nama Akademi Keuangan dan Perbankan “GMIST” Tahuna berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti Nomor : 73/D/O/1997 tanggal 30 Oktober 1997 tentang Ijin Operasional Pendirian Akademi Keuangan dan Perbankan Tahuna.

Sebagai Perguruan Tinggi yang berkedudukan di wilayah perbatasan negara kesatuan Republik Indonesia, Akademi Keuangan dan Perbankan Tahuna memikul tugas dan tanggung jawab untuk mengembangkan sumber daya manusia sesuai kebutuhan pembangunan baik di Kabupaten Kepulauan Sangihe Propinsi Sulawesi Utara maupun kawasan nusantara, dengan mengingat kedudukannya sebagai bagian dari masyarakat ilmiah yang bersifat universal.